Ini Yang Terjadi di Pemakaman Baqi’ al-Madinah Tanpa Penjagaan

0
45

Beberapa hari terakhir media sosial warga Saudi ramai viral sebuah potongan video yang merekam aktivitas beberapa orang di pemakaman Baqi’ di kota al-Madinah al-Munawwarah. Apa yang mereka lakukan?

Beberapa orang mendatangi kuburan yang diyakininya sebagai kuburan putri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, Fathimah al-Zahrah, radhiyallahu ‘anha.

Mereka tampak menciumi kuburan yang ditandai dengan gundukan tanah dan kerikil serta batu pertanda sebuah makam.

Sebagian lainnya mengambil foto dan terdengar suara tangisan menggambarkan bentuk kesedihan atas ziarahnya.

Dari potongan video tersebut, tampak mereka sedang tabarruk (mencari barokah), sebagaimana kebiasaan kaum Syiah ke makam imamnya atau orang-orang shaleh.

Netizen mengomentari bahwa kejadian tersebut leluasa terjadi di saat penjaga yang bertugas tidak berada di tempat.

Sebagaimana maklum, di beberapa lokasi ziarah di Madinah maupun Makkah, biasanya didapati asykari yang berseragam atau polisi agama (Haiyah al-Amr bil Ma’ruf wa Nahyu an al-Munkar).

Di antara tugas mereka, mengingatkan peziarah agar tidak menyelisihi sunnah Nabi dan tidak berlebihan saat berziarah di Tanah Suci.

Pemakaman Baqi’ atau Jannatul Baqi’, dikenal sebagai komplek pekuburan bagi generasi pertama umat Islam, ahlul bait dan para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Lokasinya bertetangga dengan Masjid Nabawi, sekira 10 ribu orang sahabat yang dimakamkan di sana. Luasnya mencapai 180.000 m2.

Pemerintah Arab Saudi menaruh perhatian besar terhadap pemakaman ini, karema kedudukannya bagi umat Islam dan nilai historis yang berkaitan dengan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. jll

Video yang viral:

Sumber: https://saudinesia.com/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here