Dubes Arab Saudi Untuk Indonesia: Diharapkan Sebelum Ramadan Umrah Dapat Normal Kembali

0
186

Duta Besar Arab Saudi untuk Republik Indonesia, Esam Abid Al-Taghafi, menjelaskan bahwa kebijakan penghentian sementara ibadah umrah akan segera dicabut. Hanya saja belum dapat dipastikan kapan waktunya. Hal ini disampaikan saat diwawancarai CNN Indonesia.

Saat ditanya tentang nasib jemaah umrah yang telah mendaftar tetapi belum dapat berangkat ke Arab Saudi, Esam menjawab bahwa semuanya akan mendapat kesempatan untuk menunaikan umrah.

Esam menekankan bahwa mereka yang telah mengajukan visa dan terdaftar di Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, meski telah habis masa berlakunya, visanya tetap akan dapat diterbitkan.

Di waktu yang sama, Esam berjanji bahwa semua biaya yang telah dikeluarkan jemaah akan dikembalikan lagi (refund). Hal ini akan dikoordinasikan antara penyedia jasa umrah di Indonesia dan Saudi, di bawah pengawasan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

Saat ini, Esam menjelaskan ada 15 pihak yang terkait di Arab Saudi yang menangani penyebaran virus corona dan kesehatan jemaah. Semuanya di bawah komando Kementerian Kesehatan.

Dubes Esam pada kesempatan tersebut berharap keadaan dapat kembali normal sebelum bulan Ramadan dan musim haji. “Tetapi jika kondisinya lebih buruk, maka kebijakan penangguhan ini akan diteruskan,” lanjut Esam.

Esam berpesan, “saya ingin menenangkan kepada saudara-saudara kami di Indonesia, bahwa pemerintah Kerajaan Arab Saudi sangat memperhatikan atas keselamatan jemaah Indonesia.”

“Kami juga ingin menyambut dan melayani sebaik-baiknya, berharap semuanya bisa dengan mudah dalam perjalanan ke Tanah Suci dengan mudah dan nyaman.” Lanjutnya.

Esam berharap, seluruh jemaah Indonesia dapat kembali ke Tanah Airnya dengan selamat dan sehat wal afiah sebagaimana saat berangkat ke Tanah Suci.

“Kami bukannya takut jemaah Indonesia yang menyebarkan virus, tetapi kami justru kuatir jemaah Indonesia yang tertular dari jemaah lain yang datang dari luar negeri.” Pesan Esam.

*) Diringkas dari wawancara dengan Fina Nabilah, Produser Lapangan CNN Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here